Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengunci Google Drive dengan 2 Metode Paling Lengkap

Bagaimana cara mengunci Google Drive dengan mudah? Tentu saja kamu bisa mengunci Google Drive kamu dengan beberapa langkah. Hal ini bertujuan agar file yang kamu taruh atau simpan di Google Drive tidak diotak-atik oleh orang lain dan hanya kamu yang bisa mengubahnya.

Google Drive merupakan salah satu layanan Google yang bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Terkhusus dalam hal berbagi dan penyimpanan file. Jika kamu memiliki memori gadget yang kurang kapasitasnya, tentu saja kamu bisa menggunakan Google Drive sebagai alternatif penyimpanan.

Namun pernah kah kamu melihat bahwa file atau folder di Google Drive bisa diakses dan diubah oleh orang banyak? Nahh jika pernah, kamu perlu sekali mengunci akses ke Google Drive kamu agar file kamu aman dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Lantas bagaimana cara mengunci Google Drive kamu? 

Kalian bukan sekadar mengaturnya dari general ke private, tetapi juga menentukan file mana saja yang sangat rahasia dan tidak boleh dilihat orang lain. Kamu pun berhak menentukannya antara data baru maupun lama sekali pun.

Apa Keuntungan Mengunci Google Drive?

Cara mengunci Google Drive sangat mudah dilakukan lewat perangkat apapun. Kalian bisa merahasiakannya dari orang lain bahkan oknum yang ingin meretas akun Google kamu. Tak hanya itu, verifikasi 2 langkah perlu dilakukan supaya email dan password hanya bisa digunakan kalian sendiri.

Hal ini bertujuan supaya data atau file pribadi yang diunggah dapat dilihat pemiliknya saja, serta mencegah siapapun sulit membuka bahkan mencuri folder tertentu untuk disalah gunakan. Hal ini sangat menguntungkan lantaran sistem keamanannya hanya mampu dibuka oleh pemilik perangkatnya sendiri. Orang lain tentu saja sulit membuka Google Drive dari perangkat kalian, lantaran mereka harus punya nomor telepon yang sama untuk menggunakannya.

Cara Mengunci Google Drive

Cara Mengunci Google Drive

Sebagian orang pasti masih kebingungan menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan digital mereka. Apalagi dalam hal cara mengunci Google Drive agar kamu terhindar dari pencurian dan bahkan pemalsuan identitas pemilik data. Simak dan perhatikan artikel berikut untuk mengetahui hal apa saja yang perlu kamu lakukan.

Mengunci Google Drive di Android

Siapapun pasti menggunakan android untuk kebutuhan apapun supaya lebih mudah. Kamu bisa memverifikasi sistem keamanan Google Drive lewat perangkat ini dengan tipe apa saja. Kalian dapat melakukannya dengan cepat dan mudah, serta prosedurnya bisa dipahami dan dikuasai.

Hal ini bertujuan supaya akun Google kalian bisa mengakses Google Drive lebih aman tanpa risiko penghapusan otomatis. Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah :

  • Bukalah aplikasi Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Aplikasi.
  • Pilih menu Google dan Akun Google.
  • Tekan tombol Keamanan pada bagian atas.
  • Kemudian, kalian akan melihat tulisan “Login ke Google”, lalu pilihlah Verifikasi 2 Langkah dan tekan tombol Start atau Mulai.
  • Ikutilah langkah-langkah yang muncul dari notifikasi pada layar smartphone kalian untuk tahap berikutnya.
  • Selesai.

Lihat Video Tutorialnya Disini:

Mengunci dan Menyembunyikan File di Google Drive

Kalian pasti punya data dan file pribadi yang harus dirahasiakan. Berkas tersebut tentunya bisa dibaca bahkan dilihat orang lain secara bebas. Namun, banyak orang belum tahu bahwa layanan pengamanan untuk merahasiakan file tersebut sudah terpasang di ponselnya masing-masing. Google Drive adalah pilihan tepat untuk mengunci bahkan menyembunyikan semua data pribadi kalian. Langkah-langkah mudah yang perlu kalian perhatikan adalah :

  • Pertama, kalian harus mengakses akun Google Drive terlebih dahulu.
  • Pastikan semua data atau file yang ingin dirahasiakan telah tersimpan pada folder utama Google Drive.
  • Kalian juga pastikan tidak ada file yang punya nama serupa dengan folder yang bakal dikunci.
  • Cari folder yang ingin dikunci, lalu tekan tombol Bagikan dan tunggu sampai muncul pemberitahuan Pop Up pengaturan status.
  • Ubahlah warna icon yang berwarna hijau menjadi abu-abu. Umumnya bahwa hijau untuk mode ON dan abu-abu untuk mode OFF. Tujuannya agar opsi Berbagi Link atau Google Drive dimatikan.
  • Selesai.

Bagaimana dengan file yang berada di Google Drive kalian? Informasi di atas lebih mengutamakan penguncian Google Drive kalian saja. Meski begitu, langkah merahasiakan file atau folder yang diunggah ke sana hanya bisa dilakukan melalui perangkat tertentu seperti PC, laptop dan smartphone jenis android saja. 

Kalian bisa memilih salah satu gadget tersebut dengan mengikuti panduan seperti atas, serta melakukannya sampai selesai agar file pribadi dapat terkunci otomatis.

Demikian tadi beberapa cara mengunci Google Drive yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan menjaga keamanan akun kamu dari pencurian dan pemalsuan data yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Tentu saja kamu bisa dengan mudah mengunci Google Drive kamu melalui ponsel kamu dan bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja.